Visit this website:

Gadget Unik - Jual Beli Aman

Wednesday, January 5, 2011

Showdown in 2011

Selamat Tahun Baru bagi semua penikmat olahraga tinju di Indonesia.

Tahun 2010 sudah kita lalui dengan begitu banyak kejutan di dalam ring. Aksi spektakuler Manny Pacquiao masih tidak terbendung di tahun lalu, dan tampaknya masih akan berlanjut di tahun ini. Apa saja partai-partai yang berpredikat "must see" alias "wajib tonton"?

Yang sudah pasti dulu adalah Pacquiao vs si gaek Sugar Shane Mosley, 7 Mei di Las Vegas. Banyak yang menyangsikan Mosley yang sudah uzur akan mampu menandingi kedigdayaan si David dari Filipina, Manny Pacquiao. Tapi kalau pinjam bahasa saudara-saudara saya dari Sumatra Utara, "Ini Tinju, bung!" Pacquiao lengah sedikit bisa saja dipermalukan oleh Mosley. Untuk lawan selanjutnya, begitu banyak petinju yang mengantre melawan Paquiao. Namun yang sebetulnya paling pantas adalah Floyd Mayewather, Jr. Sayang, Floyd tampaknya enggan bertanding melawan Pacquiao dengan berbagai alasan, selain masalah hukum yang sudah menghadang, kecil kiranya kemungkinan Pacquiao bisa dipertemukan dengan Mayweather tahun ini.

Pertemuan dua sesepuh tinju asal Meksiko, Erik Morales dan Juan Manuel Marquez, 9 April di Las Vegas, sudah menjadi buah bibir penikmat tinju. Sempat tiga tahun absen dari ring tinju bayaran, Erik Morales tampil trengginas, dan mampu menang tiga kali di tahun 2010.

Di kelas berat, petinju "mungil" asal Inggris, David Haye, tengah bernegosiasi dengan kubu Wladimir Klitschko untuk partai unifikasi. Kita nantikan, semoga hasil negosiasi berjalan mulus, dan kelas berat kembali menjadi ajang tontonan yang mengasyikkan. Namun tampaknya belum ada nama-nama baru yang potensial. nama-nama di kelas berat masih berkisar Klitschko bersaudara, David Haye, Thomasz Adamek, atau si uzur Evander Holyfield.

Bagaimana Indonesia?

Kita tentunya masih menunggu jadi tidaknya Chris John bentrok dengan Yuriorkis Gamboa. Namun ada juga kabar CJ akan bertarung melawan Billy Dib di Australia. Ada juga kabar yang berhembus CJ vs Daud Yordan akan digelar bulan April tahun ini. Entahlah... semuanya masih gelap.

Daud Yordan: selain passion melawan sang senior, CJ, bulan April, Daud juga masih memendam asa untuk memperoleh kesempatan meraih gelar di tahun ini.

Isaack Junior: petinju ini sudah berperingkat 2 WBO kelas bantam yunior. Petinju berbakat ini menurut hemat saya masih perlu sedikit jam terang untuk bisa disebut layak menantang juara dunia. Jangan sampai bakatnya sia-sia karena terburu-buru mengorbit.

Selain Isaack, Heri Amol juga sudah bertengger di posisi penantang nomer 4 WBO kelas terbang mini. Tommy Seran juga tak mau kalah, kini nangkring di peringkat 4 WBO kelas terbang yunior. Keduanya dijadwalkan bertanding di Surabaya, 29 Januari mendatang, dalam partai perebutan gelar WBO Aspac.

10 comments:

Anonymous said...

saya lihat di boxrec rekor isack jr cuma 14 kali tanding tapi di tvri ditulis 21-0-1 kali terakhir kali saya lihat

JP said...

Yah, seharusnya 25 kali main. Saya udah bilang ke manajernya supaya rekor di boxrec bisa diperbaiki. Tinggal kirim pakai pos, alamat sdh sy kasih (kalau susah by email), sampai skrg belum juga.

Dulu saya telisik satu per satu rekor boxrecnya CJ, DY dan Pical sampai komplet. Sayang, masih ada PR rekor Nico Thomas. Boxrec sudah nanya-nanya suruh melengkapi, tapi saya sudah menyerah.

Mungkin disini perlu bikin sistem yg lebih bagus untuk record keeping, selama ini pakai sistem buku hitam, sekali buku hilang/ganti ya sudah, hilanglah rekornya.

strezz boy said...

Good News...
Smg di tahun 2011 adlh tahun kejayaan tnju INA baik profesional maupun amatir...
maju terus pertinjuan INA jgn keok kyk Timnas bola.

Anonymous said...

saya berharap isack dan dy bisa berjaya di 2011 isack saya rasa lebih mudah jalannya menurut saya dy agak sulit di kelas bulu karena kelas bulu sekarang sudah seperti kelas welter berteret jagoan lama baru

wong said...

Billy Dib dikabarkan bakal ketemu juara WBO Oriental Lorenzo Villaneuva dari Filipina pada tanggal 12 Maret 2011 di Australia dan jadwalnya sudah masuk di Boxrec.Yang saya heran, DY kan juga juara Wbo Oriental, jadi juaranya ada dua??? Kalo saya sendiri sih lebih suka CJ ketemu Billy Dib, terus DY ketemu Villaneuva, jadi billy Dib vs Villaneuva dibatalin..Habis itu para pemenangnya baru bertarung..Ato CJ nanti naik kelas aja, melawan RIcky Burns dari inggris..

Hendrasz said...

DY kan juara interim. Tahun lalu saya sempat baca di forum boxing philipine sempat dibilang DY bakal lawan Vilanueva tapi kayaknya gak jadi.

Hendrasz said...

DY kan juara interim. Tahun lalu saya sempat baca di forum boxing philipine sempat dibilang DY bakal lawan Vilanueva tapi kayaknya gak jadi.

Max_Muscle said...

Mudah2an di thn ini DY bisa dpt lawan yg berbobot.kalau hanya bertanding melawan petinju2 spt Christian Abila & David Marchiano sama sekali gak ada manfaatnya buat DY jika nanti dia mendapat kesempatan bertanding melawan petinju besar spt Juanma atau YG..............

Anonymous said...

saya lihat juan manuel lopez tidak lah spesial menurut saya dia cima petinju pabrikan pukulan nya keras tapi targetnya hanya di kepala yang menyebabkan kesulitan melawan roger mtagwa

Max_Muscle said...

Diantara 10 besar penantang di badan tinju dunia,hanya Izack Junior yg punya prospek walaupun msh butuh pengalaman & pematangan skill.
Sedangkan Heri Amol,Tommy Seran & A.Angkota (mungkin msh msk 10besar),mereka hanya pengembira saja,tdk ada kesempatan buat mereka menjadi juara dilihat dari berbagai sisi manapun.........

Boxing Indonesia: Who's Next. Boxing is Tinju in Indonesian.